Pengertian Public Speaking



Menurut Webster's Third New International Dictionary, Public Speaking adalah:
a. The act of process of making speeches in public (proses pembicaraan di depan publik)
b. The art of science of effective oral communication with an audience (seni ilmu pengetahuan mengenai komunikasi lisan yang efektif dengan para pendengarnya).

Menurut David Zarefsky, dalam Public Speaking Strategic for Success; "Public speaking is a continous communication process in which messages and signals circulate back and forth between speaker and listeners." (Berbicara di muka umum adlah suatu proses komunikasi yang berkelanjutan di mana pesan dan lambang bersirkulasi ulang secara terus menerus antara pembicara dan para pendengarnya)

Menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi: Public Speaking adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang sesuatu hal atau topik di hadapan orang. Tujuannya antara lain untuk mempengaruhi, mengajark, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan dan memberikan informasi kepada masyarakat di tempat tertentu.

Dari beberapa definisi tersebut, dapat diramkumkan menjadi satu kesatuan.

Public Speaking adalah seni berbicara di depan umum / publik tentang suatu hal / topik tertentu secara lisan, dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan dan memberikan informasi.

0 Responses to “Pengertian Public Speaking”:

Leave a comment